Jenis Tes yang Diperiksa:

  • ANA – Anti RNA Polymerase

Informasi Penting:

Persiapan : Tidak perlu persiapan khusus
Spesimen : Darah
Hasil : 5-7 hari

ANA – Anti RNA Polymerase

Rp 427.000

Adalah pemeriksaan untuk mendeteksi adanya antibodi terhadap inti sel tubuh sendiri yang terdapat pada pasien Sklerotik Sistemik

Kategori: ,

Deskripsi

ANA – Anti RNA Polymerase ditemukan pada 11 – 23 % pasien dengan Sklerosis Sistemik. Penderita Sklerosis Sistemik yang mempunyai antibodi Anti RNA Polymerase biasanya tidak memiliki antibodi lain yang umumnya ditemukan pada pasien Sistemik Sklerosis (Anti-Scl-70).Beberapa penelitian memperlihatkan bahwa penderita Sklerosis Sistemik dengan antibodi RNA Polymerase memiliki peningkatan risiko terjadinya bentuk skleroderma “Diffuse Cutaneous” dengan gejala kulit dan penyakit ginjal hipertensi, bahkan terjadinya krisis ginjal akut.

Karena sensitivitasnya yang rendah, maka hasil pemeriksaan antibodi ini yang non reaktif (negatif) tidak menyingkirkan kemungkinan adanya Sklerosis Sistemik. Kadar Antibodi Anti RNA polymerase tidak menunjukkan beratnya penyakit Sklerosis Sistemik.

 Hasil reakti (positif) palsu dapat terjadi pada pasien dengan adanya kompleks imun atau memiliki agregat imunoglobulin lain.

 

0341 368 399
atau
0813 3213 1771 (whatsapp, line)
Jam Operasional:
Senin - Jumat (07.00 - 20.00 WIB)
Sabtu (07.00 - 16.00)