Jenis Tes yang Diperiksa:

  • ANA – SS-B (La)

Informasi Penting:

Persiapan : Tidak perlu persiapan khusus
Spesimen : Darah
Hasil : 5-7 hari

ANA – SS-B (La)

Rp 1.010.000

Adalah pemeriksaan untuk mendeteksi adanya antibodi terhadap inti sel tubuh sendiri. Pemeriksaan ini harus dilakukan pada wanita dengan Lupus yang menghendaki kehamilan.

Kategori: ,

Deskripsi

Anti-La/SSB adalah antibodi yang ditemukan pada hampir semua pasien dengan SLE (Systemic Lupus Erythematosus) dan Sjorgen Syndrome primer. Anti-La /SSB juga ditemukan pada pasien-pasien Lupus yang hasil ANA tesnya negatif, dan juga pada penyakit rematik, seperti Sklerosis sistemik, Rheumatoid Arthritis, dan Polymyositis. Anti-La / SSB terdapat dalam titer yang rendah pada 15 % orang sehat.

Anti La / SSB bukan antibodi spesifik untuk SLE, tetapi dihubungkan dengan kondisi tertentu seperti sensitif terhadap sinar matahari secara ekstrem, SCLE (Subacute Cutaneous Lupus Erythematosus), dan sindroma seperti LupusĀ  yang berhubungan dengan defisiensi bahan yang disebut “komplemen” secara genetik.

Bayi-bayi dari ibu yang memiliki Anti-La / SSB sangat berisiko untuk mengalami Lupus neonatus, suatu kondisi jarang yang bergejala bercakĀ  kemerahan (rash) secara sementara dan dapat juga berupa gangguan jantung (Congenital heart block). Oleh karena itu, wanita dengan Lupus yang berharap hamil, harus dilakukan Anti La/SSB ini.

0341 368 399
atau
0813 3213 1771 (whatsapp, line)
Jam Operasional:
Senin - Jumat (07.00 - 20.00 WIB)
Sabtu (07.00 - 16.00)